Belajar Menggambar Motif

Belajar Menggambar Motif
Belajar di Rumah

Fakta Logo Apple

Ini pembuktian...
bahwa tidak selamanya sebuah logo harus sesuai dengan kategori usaha yang sedang dijalankan.

Mengapa perusahaan apple tidak membuat logo dengan gambar yang lebih mendekati kepada kategori usahanya, contohnya seperti: gambar handphone, gambar laptop, IT atau gambar gadget lainnya.

Mengapa justru gambar buah apel yang dipilih sebagai logo, padahal bukan perusahaan yang mengelola buah-buahan.

Berbagai macam jenis perusahaan diawali dengan berbagai cara. Ada banyak perusahaan besar sudah berjalan bagus sebelum logo diciptakan, beberapa yang lain ada juga yang berjalan secara bersamaan, atau bahkan ada beberapa perusahaan yang pertama kali diperkenalkan adalah logo.

Ada berjuta perusahaan lainnya merasa khawatir jika didapati logo miliknya menjauh dari kategori usahanya.

Secara hak, Itu semua baik dan benar, tidak ada yang salah, namun perbedaan cara ini secara tidak langsung akan menjadi pencitraan, menempatkan pada kelas tertentu, yang mengacu pada bagaimana kemampuan dan kekuatan yang dimiliki, karakteristik, kepribadian, visi dan misi. Meskipun logo bukanlah satu-satunya yang dapat mengatakan kebenaran, tak bisa dipungkiri bahwa logo adalah media perantara yang paling mudah memancing sugesti publik.

Banyak kita jumpai sebuah logo yang menceritakan semua hal terlihat rumit, kekurangan aspek emosional, mengacuhkan seni dan keindahan, bahkan logo dengan karakter seperti ini sering diartikan semata-mata hanya untuk bisnis, komersial, cenderung mengacu kepada untung dan rugi, seperti mengabaikan sisi psikologis dari publik. Sehingga menciptakan ruang gerak yang sempit dan terbatas, hanya untuk yang diprioritaskan, tidak untuk yang lain.

Perusahaan Apple adalah salah satu perusahaan yang tidak merasa takut dan khawatir dengan mainstream.

Tidak hanya Apple, ada juga yang lainnya seperti Google ... Nike .. adidas ... dan lain-lain ... hmmm .... mereka semua sering membuat saya bertanya-tanya dan takjub, karena mereka semua adalah pemilik produk-produk berkualitas nomor satu di dunia. Mereka semua memilih logo yang hebat meskipun apple masih tetap yang terhebat.

logo terbaik



Yaa...di antara mereka semua, logo apel masih yang terbaik, alasannya adalah karena:
1. Simbol yang digunakan adalah bentuk umum, tidak asing. 2. Mudah untuk dipahami dan diingat, oleh semua orang, segala usia dan semua status sosial. Mudah dipahami tanpa harus membaca dan menulis, tanpa sekolah dan pemikiran intelektual yang tinggi.
3. Jangkauan pengguna yang tidak terbatas.
4. Tingkat kontras yang baik, keutuhan bentuk masih terlihat baik meskipun dilihat dari kejauhan.
5. Mudah diterapkan.
6. Sangat mudah mempengaruhi keadaan sekitarnya.
7. Banyak variant graphis yang bisa diterapkan, visual dan keaslian tetap terjaga.
8. Artistik
9. Ekonomis
10. One Shot Multiple Targets.
Logo Apple, identik dengan idealisme, tetapi bersahabat, rendah hati dan ramah, sederhana, khas, percaya diri, pendiam, sopan dan santun, tapi benar-benar cerdas, dan berbakat.

Perusahaan apple tidak memaksa publik untuk segera mengetahui siapa dirinya, cukup hanya dengan cara membiarkan publik merasakan pengalaman demi pengalaman melalui produk-produknya yang berkualitas

Dalam mainstrem bisnis, Apple memiliki strategi bisnis yang berbeda dari pada umumnya, menanamkan ingatan kepada publik dengan cara yang unik, menunjukan sesuatu yang real, sesuatu yang nikmat dan lezat, rasa yang manis, segar, alami, asli dan menyehatkan.

Mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Apple bukan perkara yang mudah, analisa berdasarkan permintaan klien, 90% dari mereka meminta logo yang sesuai dengan kategori usahanya. Seperti contohnya, untuk Klinik Gigi maka mereka meminta dibuatkan logo bergambar gigi, untuk perusahaan IT maka mereka meminta logo dengan gambar yang berkaitan dengan IT ( seperti logo 3D, abstrack geometric, dll ), untuk logo Restaurant maka mereka meminta disertakan gambar sendok dan garpu, untuk logo Perusahaan Properti maka mereka meminta logo bergambar atap rumah atau konstruksi bangunan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini adalah budaya yang telah menempatkan dirinya sendiri dalam persaingan.

Suatu keuntungan apabila sebuah logo dibanggakan publik tanpa diminta, ini cara beriklan yang hebat. Low Cost Low Action - Unlimited Profit.

edpeny-Loged


0 Response to "Fakta Logo Apple"

Selamat Datang Di Seni Desain Indonesia

INFO

Designer job

LOWONGAN KERJA DESIGNER